Jumat, 25 November 2016

Sejarah Kami


Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang transportasi darat yang didirikan oleh H.Sidik pada tahun 1974 di Pagaralam (Sumatera Selatan). Berawal dari mengandalkan 1 unit Chevrolet mobil angkutan dengan rute-rute pendek seperti Pagaralam-Muara Gelumpay & Pagaralam-Muara Payang yang berangkat dari terminal depan Pasar Dempo, perusahaan kami mampu terus berkembang dan seiring dengan pertumbuhan armada serta permintaan transportasi yang semakin meningkat, akhirnya pada tahun 1978 H.Sidik membangun trayek pertama SINAR DEMPO dengan jurusan Pagaralam-Lahat & Pagaralam-Lubuk Linggau hingga berkembang lagi Pagaralam-Palembang sampai ke tujuan Tanjung Karang pada tahun 1979.
Walaupun di tengah kompetisi yang semakin ketat pada saat itu, perusahaan kami mampu bertahan & terus melebarkan sayap hingga kami tergabung ke dalam konsorsium perusahaan bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) yang dinamakan SANUTRA (Satu Nusa Transport) lintas Banda Aceh-Denpasar pada tahun 1979 yang diprakarsai oleh Menteri Perhubungan pada era itu Bpk. Rusmin Nuryadin, dan yang cukup membanggakan adalah SINAR DEMPO menjadi satu-satunya perusahaan bus yang menjadi perwakilan dari Sumatera Selatan.
Pada tahun 1992 Drs.H.Joni Sidik, MM,MH menjadi penerus yang memegang kendali perusahaan kami, yang menjadi tonggak berkembang pesatnya SINAR DEMPO hingga saat ini. Seiring dengan eksistensi & komitmen kami dalam melayani kebutuhan transportasi darat untuk masyarakat, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat pun menganugerahi kami penghargaan Lifetime Achievement pada tahun 2011 & 2015  atas pengabdian seumur hidup di bidang angkutan jalan. Dan sejak tahun 2016 kami telah bertransformasi menjadi Perseroan Terbatas berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan yang mengharuskan perusahaan angkutan berbentuk Perseroan Terbatas.